.

BUMI - BULETIN MAHASISWA ISLAM - RUANG GAGASAN DAN MEDIA INFORMASI PUBLIK -

HOT NEWS

- - HOT NEWS - HOT NEWS - HOT NEWS - HOT NEWS - HOT NEWS - -

Setelah melakukan pemeriksaan kurang lebih 7 jam pukul 10.15 WIB, KPK resmi menahan Mochtar Muhammad di rutan Salemba. Penahanan ini dilakukan untuk kepentingan penyidikan KPK, terkait kasus korupsi APBD Bekasi tahun 2010 dan suap terkait pemenangan piala Adipura kota Bekasi. ----------------------------------- DI KOTA BEKASI : DI ADAKAN SEMINAR TOLERANSI DAN PERDAMAIAN ANTAR UMAT BERAGAMA Bumi, Bekasi (17/12/2010) Jumat sore bertempat di NIC's Cafe JL. Juanda bekasi, berlangsung seminar Penguatan Kesetaraan Toleransi dan Perdamaian bagi kelompok muda di Bekasi dilaksanakan oleh PC.LAKPESDAM Kota Bekasi, untuk program lanjutan dari acara tersebut Anggota DPR RI Sukur Nababan siap memfasilitasi anggaran biaya setiap bulannya. " saya siap memfasilitasi Rp 15 juta perbulan demi terlaksananya program tersebut" ujarnya, sebagai langkah awal Syukur memberikan dana awal sebesar Rp.25 juta secara kontan"...................................................................Ibadah Jemaat HKBP Bekasi : Menyambut sang Juru Selamat.............

BUMI

BUMI
BULETIN MAHASISWA ISLAM

SELAMAT DATANG

Selamat Membaca

^

7 Mar 2011

Mafia Kasus Perdagangan Manusia ( Traficking )

Beberapa faktor yang menyebabkan perdagangan Indonesia. Kriminal jaringan di seluruh Asia Tenggara, dalam mafia Traficking dan kasus penjualan anak-anak, gadis muda dan perempuan untuk eksploitasi seksual.

Kurangnya kesadaran masyarakat ketika mencari dan memilih pekerjaan yang di akibatkan minimnya pendidikan. Terlebih lagi Ketertarikan bekerja diluar negeri menjadi tenaga kerja Indonesia, Hal ini menjadi salah satu peluang terhadap perdagangan perempuan dan anak di Indonesia.

Maraknya Korupsi dan lemahnya penegakan hukum di negeri ini, mengakibatkan penanganan kasus-kasus perdagangan dan pencegahan semakin berlarut-larut, korban sulit mencari perlindungan dan melakukan tututan atas kasus yang mereka alami, karena kasus tersebut tertutupi oleh berita politik dan infotainment yang marak di media televisi. Akibatnya, sekitar 30 persen dari pekerja seks di Indonesia berusia di bawah 18 tahun, yang setiap tahunnya semakin bertambah.

Keberadaan Organisasi Non Pemerintah (LSM) banyak yang telah melaporkan berbagai kasus tersebut, namuin keterbatasan biaya menjadi faktor terhentinya penyelidikan kasus tersebut, menurut Bank Dunia 17 persen penduduk indonesia hidup di bawah garis kemiskinan. Saat krisis moneter pada tahun 1997, hingga saat ini eksport PRT (Pembantu Rumah Tangga) masih banyak dilakukan, mengingat kecilnya peluang kerja didalam negeri, Kemiskinan adalah potensi yang mendorong orang untuk mencari pekerjaan apa pun tanpa mempertimbangkan beresiko menjadi korban untuk diperdagangkan. kondisi seperti inilah yang semakin memperluas gerak mafia perdagangan dan eksploitasi perempuan, anak-anak, dan pekerja migran. Mereka kemudian menjadi korban di negeri asing dengan tidak ada kesempatan untuk mencari bantuan.

Selain itu bencana tsunami di Aceh menjadi salah satu indikasi bahwa anak yang kehilangan salah satu atau kedua orang tuanya di Desember 2004. Terindikasi menjadi korban perdagangan di kawasan Asia Tenggara, Kekhawatiran perdagangan anak-anak yatim piatu ini muncul di beberapa negara yang terkena bencana tsunami termasuk di Indonesia, menanggapi hal tersebut pemerintah di sejumlah Negara mengantisipasi dengan segera guna pencegahan. Terlebih para pedagang biasanya memanfaatkan anak-anak yang tidak memiliki akte kelahiran dan tidak tercatat dalam catatan sipil karena sebelum tragedi bencana orang tua mereka mengabaikan pembuatan akte kelahiran, biasanya terjadi di desa-desa.

Selain itu pada tahun 1999 telah dilaporkan menyebabkan lonjakan jumlah pedofil Australia bepergian ke Indonesia untuk wisata seks, sebagai pelanggar mencari orang meninggalkan rentan oleh mereka situasi krisis. Pemerintah Indonesia telah mengakui bahwa prostitusi anak dan wisata seks anak merupakan masalah utama, khususnya di Bali dan Batam. Penyebaran virus HIV dan AIDS menjadi kendala yang belum dapat ditangani mengingat kedatangan para wisatawan asing belum dapat terakomodir dengan pemeriksaan bebas HIV dan AIDS.

Pernikahan paksa oleh orang tua atau sanak keluarga lainnya terus berlimpah di daerah/pedesaan. Banyak dari perempuan menikah dengan pria yang tinggal di luar komunitas dan daerah mereka atau bahkan dengan orang dari Luar negeri yang berkunjung dan semata untuk berwisata. Di sisi lain Beberapa keluarga di pelosok datau desa biasanya mengirimkan anak-anak mereka pada keluarga kaya atau kerabat mereka yang tinggal diperkotaan yng mereka titipkan untuk bekerja. secara tradisional praktek-praktek seperti itu kerap terjadi, dan peluang untuk mempekerjakan anak-anak dan gadis belia sebagai pekerja seksual tidak dapat dipungkiri, walaupun proses seperti ini tidak dianggap sebagai bentuk perdagangan atau sebagai eksploitatif.



Terinspirasi dari Artikel : Deborah Haynes, "Masyarakat Internasional Harus Fight Sex Jaringan Anak di Asia Tenggara: PBB," Perancis Agence Presse, 19 April 2004. , Brian Calvert, "Dalam Kasus Perdagangan, Pengadilan menolak keras lagi," Kamboja Harian, 27 Feb 2002. http://www.idlo.int/DOCNews/Human_trafficking.pdf. Bank Dunia, Indonesia-Membuat Perlindungan Sosial Bagi Masyarakat Miskin, http://go.worldbank.org/F2LPL03T00http://www.icmc.net/pubs/trafficking-women-and-children-indonesia.